Selasa, 12 Oktober 2010

JOYSTICK












joystick adalah suatu perangkat input yang terdiri dari tongkat yang berporos di pangkalan dan laporan sudut atau arah ke perangkat itu adalah mengendalikan. Joystick yang sering digunakan untuk mengontrol permainan video, dan biasanya memiliki satu atau lebih push-tombol yang negara juga dapat dibaca oleh komputer. Sebuah variasi populer joystick digunakan pada video game konsol modern adalah stick analog.
joystick telah kontrol penerbangan utama di kokpit pesawat banyak, jet cepat khususnya militer, baik sebagai pusat tongkat atau sisi-stick.
Joystick juga digunakan untuk mengendalikan mesin seperti crane, truk, kendaraan tak berawak bawah air, kursi roda, kamera pengawas dan nol memutar mesin pemotong rumput radius. Miniatur joystick jari-dioperasikan telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti ponsel.
Joystick berasal sebagai kontrol untuk ailerons pesawat dan lift.
Nama "joystick" diperkirakan berasal dengan percontohan awal abad ke-20 Perancis Robert Esnault-Pelterie. [1] Ada juga bersaing klaim atas nama sesama pilot Robert Loraine, Henry James Joyce dan George AE. Loraine dikreditkan dengan memasuki "joystick" dalam buku hariannya pada tahun 1909 ketika ia pergi ke Pau untuk belajar terbang di sekolah Blériot's. George seorang penerbang perintis yang dengan rekannya Jobling dibangun dan menerbangkan biplan di Newcastle di Inggris pada tahun 1910. Dia diduga telah menemukan "George Stick" yang menjadi lebih populer dikenal sebagai joystick. George dan Jobling kolom kendali pesawat dalam koleksi Museum Discovery di Newcastle Upon Tyne, Inggris. Joystick hadir di pesawat awal, meskipun asal-usul mekanik mereka pasti [2] coining dari "joystick" istilah sebenarnya. Mungkin akan dikreditkan ke Loraine, sebagai nya adalah penggunaan awal dikenal istilah tersebut, meskipun ia hampir pasti tidak menciptakan perangkat.
Joystick 2-sumbu listrik pertama mungkin diciptakan sekitar 1944 di Jerman. Perangkat dikembangkan untuk menargetkan luncur bom Henschel Hs 293 terhadap sasaran kapal. Di sini, joystick digunakan oleh operator untuk mengarahkan misil menuju target. joystick ini telah switch on-off daripada sensor analog. Sinyal itu ditransmisikan dari joystick ke rudal melalui radio.
Penemuan ini dijemput oleh seseorang dalam tim ilmuwan berkumpul di Heeresversuchsanstalt di Peenemünde. Berikut bagian dari tim pada program roket Jerman mengembangkan rudal Wasserfall, varian dari roket V-2, yang pertama rudal darat ke udara. Peralatan kemudi Wasserfall dikonversi sinyal listrik untuk sinyal radio dan ditransmisikan ini untuk rudal.
Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi tersebar luas di pesawat radio kontrol model sistem seperti Kwik Fly diproduksi oleh Phill Kraft (1964). Sistem Kraft akhirnya menjadi pemasok OEM penting joystick untuk industri komputer dan pengguna lain. Penggunaan pertama joystick luar industri pesawat terbang radio kontrol mungkin telah dalam mengendalikan kursi roda bertenaga, seperti Permobil (1963). Selama periode waktu ini NASA digunakan sebagai perangkat kontrol joystick sebagai bagian dari misi Apollo. Sebagai contoh, model pendarat bulan uji dikendalikan dengan joystick.
Ralph H. Baer, penemu televisi dan video games Magnavox Odyssey konsol, menciptakan permainan video pertama joystick pada tahun 1967. Mereka analog, menggunakan dua potensiometer untuk mengukur posisi. [3]
Atari joystick standar, dikembangkan untuk Atari 2600 adalah joystick digital, dengan satu tombol "api", dan terhubung melalui konektor-9 DE, spesifikasi listrik yang selama bertahun-tahun de-facto standar spesifikasi joystick digital. Joystick yang biasa digunakan sebagai pengendali dalam permainan generasi pertama dan kedua konsol, tetapi mereka memberi jalan ke game pad akrab dengan Nintendo Entertainment System dan Sega Master System pada tahun 1985 dan 1986, meskipun joysticks - terutama yang arcade-style - itu dan yang populer setelah pasar add-ons untuk setiap konsol.
Baru-baru ini, analog stick (atau thumbsticks, karena mereka yang dikendalikan oleh jempol seseorang) telah menjadi standar video game konsol dan memiliki kemampuan untuk menunjukkan perpindahan tongkat dari posisi netral. Ini berarti bahwa perangkat lunak tidak harus melacak posisi atau estimasi kecepatan di mana kontrol dipindahkan. Perangkat ini biasanya menggunakan detektor fluks magnetik untuk menentukan posisi tongkat.
Dalam pesawat banyak pesawat modern, misalnya semua pesawat Airbus dikembangkan dari tahun 1980-an, joystick telah menerima sewa baru hidup untuk kontrol penerbangan dalam bentuk "sidestick" - controller mirip dengan joystick game, tapi yang digunakan untuk kontrol penerbangan, menggantikan yoke tradisional. sidestick akan menyimpan berat badan, meningkatkan gerakan dan visibilitas di kokpit dan mungkin lebih aman dalam sebuah kecelakaan daripada "yoke kontrol" tradisional.

Sebuah tongkat arcade adalah kontroler format besar untuk digunakan dengan rumah konsol atau komputer. Mereka menggunakan konfigurasi tongkat-dan-tombol dari beberapa kabinet arcade, seperti yang dengan pengaturan multi-tombol tertentu. Misalnya, enam tombol tata letak permainan arcade Street Fighter II atau Mortal Kombat tidak bisa nyaman ditiru di konsol joypad, arcade rumah jadi berlisensi tongkat untuk game-game ini telah diproduksi untuk rumah konsol dan PC.
Kebanyakan joystick dua-dimensi, memiliki dua sumbu gerakan (mirip dengan mouse), tapi satu dan joystick tiga dimensi memang ada. joystick Sebuah umumnya dikonfigurasi sehingga memindahkan tongkat kiri atau kanan gerakan sinyal sepanjang sumbu X, dan bergerak ke depan (atas) atau belakang (bawah) gerakan sinyal sepanjang sumbu Y. Dalam joystick yang dikonfigurasi untuk gerakan tiga-dimensi, memutar tongkat kiri (berlawanan arah jarum jam) atau kanan (searah jarum jam) pergerakan sinyal sepanjang sumbu Z. Ketiga sumbu - XY dan Z - yang, dalam kaitannya dengan suatu, roll pitch pesawat,, dan yaw.
Sebuah joystick analog joystick yang menyatakan terus-menerus, kembali yaitu suatu ukuran sudut pergerakan ke segala arah pada bidang atau ruang (biasanya menggunakan potensiometer) dan joystick digital memberikan hanya on / off sinyal untuk empat arah yang berbeda, dan mekanis mungkin kombinasi (seperti up-kanan, kiri-bawah, dll). (Joystick Digital sangat umum sebagai kontroler game untuk konsol permainan video, mesin arcade, dan komputer rumah dari 1980-an.)
Selain itu joystick sering memiliki tombol kebakaran satu atau lebih, digunakan untuk memicu suatu tindakan. Ini adalah sederhana on / off switch.
Beberapa joystick memiliki kemampuan umpan balik haptic. Ini adalah sehingga perangkat aktif, bukan hanya perangkat input. Komputer dapat kembali sinyal ke joystick yang menyebabkan untuk melawan gerakan dengan kekuatan kembali atau membuat bergetar joystick.
Kebanyakan I / O kartu antarmuka untuk PC memiliki joystick (kontrol game) pelabuhan. Joystick modern kebanyakan menggunakan antarmuka USB untuk koneksi ke PC.
Dalam beberapa kali, kerja dengan joystick telah menjadi biasa dalam aplikasi industri dan manufaktur, seperti, crane, jalur perakitan, peralatan kehutanan, truk pertambangan, dan excavator. Bahkan, penggunaan joystick tersebut dalam permintaan tinggi seperti itu, bahwa ia telah hampir digantikan tuas mekanis kontrol tradisional di hampir semua sistem kontrol modern hidrolik. Selain itu, paling Unmanned Aerial Vehicles (UAV) dan kapal selam Remotely Operated Kendaraan (ROVs) membutuhkan setidaknya satu joystick untuk mengendalikan baik kendaraan, on-board kamera, sensor dan manipulator.
Karena sangat hands-on, sifat kasar dari aplikasi seperti, joystick industri cenderung lebih kuat daripada kontroler video-game khas, dan mampu berfungsi selama siklus hidup yang tinggi. Hal ini menyebabkan perkembangan dan pekerjaan Efek Hall sensing untuk aplikasi seperti pada 1980-an sebagai sarana kontak penginderaan. Beberapa perusahaan memproduksi joystick untuk aplikasi industri yang menggunakan teknologi ruang efek. Lain teknologi yang digunakan dalam desain joystick adalah penggunaan pengukur regangan untuk membangun transduser gaya dari yang keluaran adalah sebanding dengan gaya yang diberikan daripada lendutan fisik. transduser gaya Miniatur digunakan sebagai kontrol tambahan pada joystick untuk fungsi pilihan menu.
Global produsen yang melayani OEM terbesar, seperti Caterpillar, John Deere, AGCO, CNH, JLG, GENIE dan lainnya, merupakan DeltaTech Kontrol dan Penny dan Giles Kontrol. Penny dan Giles Kontrol juga merancang dan memproduksi joystick untuk Sauer Danfoss. Apem Apem adalah produsen lain seperti untuk pasar global, dengan mungkin jangkauan terluas joystick industri di pasar saat ini, menggabungkan merek tersebut CH Produk [1], Oliver Sistem Pengendalian [2] dan Apem sendiri [3].
Di Amerika Utara terdapat beberapa kecil manufaktur regional yang juga pelayanan industri; OEM Kontrol, Otto Teknik, PQ Kontrol, CH Produk, dan BG Sistem.
Di Eropa ada beberapa produsen yang memasok sektor pasar khusus, seperti kontrol crane, penerbangan, dll. Salah satu pemasok joystick Eropa global adalah perusahaan Swiss Genge & Thoma AG, penyediaan standar dan tailor made joystick kelas industri. Di Inggris Motor Printed Pekerjaan baru-baru ini mengambil alih produksi Flightlink Kontrol / Flightlink PML kisaran industri
Sebagian besar manufaktur dari joystick dapat menyesuaikan joystick menangani dan grip khusus untuk kebutuhan OEM sementara manufaktur regional kecil sering berkonsentrasi pada penjualan produk standar dengan harga yang lebih tinggi untuk lebih kecil OEM's.
Spesialis joystick, diklasifikasikan sebagai teknologi bantu menunjuk perangkat, digunakan untuk menggantikan mouse komputer untuk penyandang cacat fisik yang cukup parah. Alih-alih mengendalikan permainan ini joystick plug ke port USB dan mengontrol pointer mouse. Mereka sering berguna untuk orang dengan kondisi athetoid, seperti cerebral palsy, yang menemukan mereka lebih mudah untuk memahami dari mouse standar. Miniatur joystick juga tersedia untuk orang dengan kondisi yang melibatkan kelemahan otot seperti distrofi otot atau penyakit motor neuron. Mereka juga digunakan pada kursi roda bertenaga listrik untuk kontrol karena mereka adalah sederhana dan efektif untuk digunakan sebagai metode kontrol.
Sebuah switch topi adalah kontrol pada beberapa joystick. Ia juga dikenal sebagai saklar (sudut pandang) POV. Hal ini memungkinkan seseorang untuk melihat-lihat di dunia maya mereka, browsing dll menu Sebagai contoh, simulator penerbangan banyak menggunakannya untuk mengaktifkan pemain, sementara permainan lainnya kadang-kadang menggunakannya sebagai pengganti D-pad, sedangkan gamepads komputer model setelah Playstation DualShock pengendali menetapkan scancodes beralih POV ke D-pad itu.
Saklar topi panjang merupakan sanitasi dari "Hat Kuli" istilah, nama untuk tutup kepala yang mirip, yang dapat dianggap ofensif.
Dalam pesawat yang nyata, saklar topi dapat mengontrol hal-hal seperti aileron atau kemudi trim.


sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Joystick
alat translate sumber : http://translate.google.co.id/#


NAMA  : DEO FALA RAHMAN DITA
ABSEN : 12  (DUA BELAS)
KELAS :  IX CHE / 9CHE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar